Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3146
Title: Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas VII Di MTsN 3 Bogor
Authors: Taranisa Baroro Purbo, 18311988
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya tuntutan peran guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Karena dengan pendidikan akan membuat kehidupan manusia menjadi maju dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam peran guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan siswi kelas VII di MTsN 3 Bogor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik ananlisis data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya peran guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII di MTsN 3 Bogor yaitu: peran guru di MTsN 3 bogor ini berjalan dengan baik, guru memberikan contoh yang baik untuk para siswa, memberikan motivasi kepada para siswa agar selalu membaca Al-Qur’an, guru berusaha menjadikan dirinya sebagai media, sebagai sumber informasi untuk siswa, dan juga guru selalu menyiapkan RPP sebelum pembelajaran berlangsung. Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pun terlihat baik, terlihat dari kemampuan mereka yang sudah mampu membedakan setiap makharijul huruf atau tempat keluarnya huruf, siswa dapat memahami kaidah-kaidah tajwid dan juga siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan Tartil.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3146
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311988.pdf
  Restricted Access
2.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.