Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/781
Title: | Korelasi Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits |
Authors: | Ikha Muslikha, 11311045 |
Advisor: | Akhmad Sodiq |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Di dalam pembelajaran, media ini merupakan alat yang dapat membantu guru dalam mengajar, sehingga mempermudah guru dalam menyampaikan materi terhadap siswa siswinya, dan mereka pun tidak merasa bosan, atau monoton di saat jam belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada korelasi antara penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah merupakan jenis penelitian kuantitatif dan sifat dari penelitian ini adalah bersifat penelitian korelasi (Research Correlation). Sedangkan teknik dari pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah teknik Purposive or Judgmental Sampling, Serta teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi yang kuat penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VI MIN. Hal ini di buktikan dengan besarnya rxy= 0,833 yang besarnya berkisar antara 0,70-0,90 berarti antara penggunaan media pembelajaran (variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel Y). Hipotesis alternativ (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/781 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
11311045.pdf Restricted Access | 1.14 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
11311045_Publik.pdf Restricted Access | 339.79 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.