Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/828
Title: Peran Sekolah dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa
Authors: Ilmadhani Safitri, 14311359
Advisor: Akhmad Sodiq
Issue Date: 16-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan penelitian ini diangkat dengan tujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa Raudhatul Athfal (RA) Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dan mengetahui pengupayaan terkait peningkatan kecerdasan spiritual. Permasalahan yang sering dijumpai dalam pengajaran, khususnya pada pengajaran Agama Islam adalah bagaiamana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik agar diperoleh hasil belajar yang efektif dan efisien. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peran sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa RA Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif didasarkan pada tradisi metodologi penelitian dengan cara menyelidiki masalah sosial atau kemanusiaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Peneliti menganalisis katakata, melaporkan pandangan-pandangan para informan dan melakukan penelitian dalam situasi yang alamiah. Dari hasil data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa peningkatan kecerdasan spiritual siswa RA Mumtaza Islamic School yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru-guru sudah baik dengan adanya pembiasaan keagamaan terhadap keseharian siswa. Selain itu, faktor pendukung agar tidak terhambatnya peningkatan kecerdasan spiritual pada siswa yaitu adanya peran sekolah dan lingkungan keluarga
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/828
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311359.pdf
  Restricted Access
1.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.