Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1328
Title: Penanaman Cinta Al-Qur’an Melalui Kegiatan Tadarus di MTsN 1 Tana Toraja
Authors: Muftiah Shabran, 17311783
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala siswa dan siswi yang belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar disebabkan kurangnya pengetahuan agama Islam yang memadai dari orang tua dan lingkungan sekolah sebelumnya. Selain itu minimnya lembaga TPA yang mengajarkan Al-Qur‟an disebabkan kabupaten Tana Toraja merupakan daerah dengan minoritas muslim. Hal ini menyebabkan rendahnya rasa cinta terhadap Al-Qur‟an sehingga perlu adanya upaya dalam menanamkan cinta Al-Qur‟an itu sendiri, salah satunya melalui kegiatan tadarus. Kegiatan tadarus bertujuan untuk memberikan pembinaan Al-Qur‟an kepada siswa dan siswi agar dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Selain itu tujuan kegiatan tadarus adalah untuk menanamkan sikap cinta Al-Qur‟an kepada siswa dan siswi melalui kegiatan membaca Al-Qur‟an yang rutin dilaksanakan setiap hari, seperti yang telah dilakukan oleh MTsN 1 Tana Toraja. MTsN 1 Tana Toraja merupakan lembaga pendidikan Islam yang menerapkan penanaman cinta Al-Qur‟an melalui kegiatan tadarus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman cinta Al-Qur‟an melalui kegiatan tadarus di MTsN 1 Tana Toraja. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Tempat penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Tana Toraja. Sumber data utama berdasarkan wawancara dengan Kepala Madrasah, Guru Pembimbing kegiatan tadarus, dan peserta didik kelas VII dan VIII MTsN 1 Tana Toraja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman cinta Al-Qur‟an melalui kegiatan tadarus dilakukan dengan membagi peserta didik menjadi dua kelompok dengan waktu pembinaan yang berbeda. Selain itu untuk mencapai indikator cinta Al-Qur‟an, guru pembimbing senantiasa memberikan motivasi agar peserta didik semakin giat dan gemar mempelajari Al-Qur‟an dan mengamalkan segala isi kandungan Al-Qur‟an di dalam kehidupan sehari-hari.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1328
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311783.pdf
  Restricted Access
4.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.