Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1347
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorMiskah Farras Taqiyyah, 17311887-
dc.date.accessioned2021-09-13T04:10:42Z-
dc.date.available2021-09-13T04:10:42Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1347-
dc.description.abstractAl-Qur`an berisi wahyu Allah SWT. Maka ketika membaca al-Qur`an haruslah dengan tartil atau bacaan bertajwid yang baik dan benar. IIQ Jakarta menjadikan metode Maisura sebagai pedoman pembelajaran Al-Qur`an. Dalam masa darurat penyebaran covid, proses belajar mengajar berbasis active learning serentak dialihkan kepada e-learning, begitupun pembelajaran Al-Qur`an. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Pada penelitian sebelumnya membahas mengenai penerapan metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an. Penulis sama-sama meneliti tentang metode maisura, yang membedakan penulis dengan peneliti yaitu dalam pembelajaran daring. Maka pembahasan skripsi ini berfokus pada bagaimana implementasi pembelajaran daring pada metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an? Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi interpretatif dasar (Basic Interpretative Studies) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari Observasi, Wawancara dan dokumentasi dengan mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur`an secara daring dengan metode maisura di Intitut Ilmu Al-Qur`an Jakarta dari segi pemaparan dimulai dari susunan penyampaian teori dan kemudian dilanjut dengan praktik bacaan Al-Qur`an. Metode pembelajaran yang dapat digunakan di antaranya, metode interaktif; klasikal individual; metode ceramah; metode dril; metode tanya jawab; metode demonstrasi. Dalam melakukan penerapan pembelajaran daring diperlukan persiapan yang matang. Pertama, mempersiapkan jaringan internet; kedua, membuat suasana kondusif untuk belajar; ketiga, hadir tepat waktu; keempat, kerjasama antara koordinator meeting dengan participant; kelima, pemahaman penggunaan teknologi; keenam, tertib. Jika hal ini dapat diupayakan dengan maksimal kemungkinan hasil pembelajaran yang didapat tidak akan berbeda jauh dari pembelajaran luring, bahkan dengan pembelajaran daring ini, dapat berlangsung di manapun peserta beradaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPembelajaran Daring Al-Qur`anen_US
dc.subjectMetode Maisuraen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring pada Metode Maisura dalam Pembelajaran Al-Qur`an di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311887.pdf
  Restricted Access
2.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.