Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1347| Title: | Implementasi Pembelajaran Daring pada Metode Maisura dalam Pembelajaran Al-Qur`an di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta |
| Authors: | Miskah Farras Taqiyyah, 17311887 |
| Advisor: | Siti Shopiyah |
| Issue Date: | 2021 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Al-Qur`an berisi wahyu Allah SWT. Maka ketika membaca al-Qur`an haruslah dengan tartil atau bacaan bertajwid yang baik dan benar. IIQ Jakarta menjadikan metode Maisura sebagai pedoman pembelajaran Al-Qur`an. Dalam masa darurat penyebaran covid, proses belajar mengajar berbasis active learning serentak dialihkan kepada e-learning, begitupun pembelajaran Al-Qur`an. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Pada penelitian sebelumnya membahas mengenai penerapan metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an. Penulis sama-sama meneliti tentang metode maisura, yang membedakan penulis dengan peneliti yaitu dalam pembelajaran daring. Maka pembahasan skripsi ini berfokus pada bagaimana implementasi pembelajaran daring pada metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an? Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi interpretatif dasar (Basic Interpretative Studies) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari Observasi, Wawancara dan dokumentasi dengan mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur`an secara daring dengan metode maisura di Intitut Ilmu Al-Qur`an Jakarta dari segi pemaparan dimulai dari susunan penyampaian teori dan kemudian dilanjut dengan praktik bacaan Al-Qur`an. Metode pembelajaran yang dapat digunakan di antaranya, metode interaktif; klasikal individual; metode ceramah; metode dril; metode tanya jawab; metode demonstrasi. Dalam melakukan penerapan pembelajaran daring diperlukan persiapan yang matang. Pertama, mempersiapkan jaringan internet; kedua, membuat suasana kondusif untuk belajar; ketiga, hadir tepat waktu; keempat, kerjasama antara koordinator meeting dengan participant; kelima, pemahaman penggunaan teknologi; keenam, tertib. Jika hal ini dapat diupayakan dengan maksimal kemungkinan hasil pembelajaran yang didapat tidak akan berbeda jauh dari pembelajaran luring, bahkan dengan pembelajaran daring ini, dapat berlangsung di manapun peserta berada |
| URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1347 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 17311887.pdf Restricted Access | 2.38 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 17311887_Publik.pdf Restricted Access | 791.8 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.