Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1807
Title: Implementasi Metode Musyafahah Dalam Meningkatkan Hafaln Al-Qur'an Juz 30 Pada Anak Usia Dini Di RA Al-Firdaus Cipayung Jakarta Timur
Authors: Faiqoh Ulinnuha, 18320010
Advisor: Faza Karimatul Akhlak
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Proses untuk meningkatkan hafalan Al-Qur`an anak usia dini tergantung pengajaran awal dari gurunya dimana guru dapat menggunakan metode dan cara yang bervariatif dalam proses menghafal Al-Qur`an agar dapat mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode musyāfahah dalam menghafal Al Qur`an juz 30 pada anak usia dini di RA Al-Firdaus, selain itu pula untuk mengetahui pencapaian target hafalan siswa-siswi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Permasalahan yang diangkat penelitian ini ialah kurangnya pengembangan metode musyāfahah dan tidak ada guru khusus untuk tahfiẓ. Persamaan dengan penelitian yang sebelumnya ialah sama-sama membahas tentang metode yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini, perbedaannya ialah penelitian ini lebih memusatkan pada satu metode yakni metode musyāfahah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa kelompok A dan B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode musyāfahah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur`an juz 30 pada anak usia dini di RA Al-Firdaus cukup efektif dan berhasil dilihat dari pencapaian target 4 tahun terakhir ini ada yang bisa mencapai 57% siswa-siswi yang dapat menyelesaikan juz 30 dalam kurun waktu 2 tahun. Faktor pendukungnya kemampuan dasar siswa-siswi, keinginan dan semangat siswa-siswi yang tinggi, guru yang memiliki semangat dan berkompeten, dan lingkungan keluarga yang baik. Faktor penghambatnya ialah siswa-siswi yang belum mampu membaca Al-Qur`an dengan lancar serta masih ada yang belum mampu mengenal huruf hijaiyyah, pengaruh lingkungan yang tidak baik di luar sekolah, kurangnya dukungan dari orangtua, dan keterbatasan waktu di sekolah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1807
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18320010.pdf
  Restricted Access
2.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.