Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1816
Title: UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS VII SMP DAR AL-RAUDHAH PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH
Authors: Siti Zulaiho, 18312059
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Konteks penelitian ini adalah kemerosotan atau kerusakan moral di lingkungan pendidikan. Pendidikan yang lebih menekankan pada hasil belajar kognitif daripada hasil afektif merupakan salah satu faktor penyebab kemerosotan moral. Salah satu strategi untuk membangkitkan semangat siswa adalah pendidikan karakter. SMP Dar Al-Raudhah Pangkalan Bun telah berupaya melaksanakan pendidikan karakter dengan sebaik-baiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pendidikan karakter dapat digunakan untuk meningkatkan nilai spiritual siswa kelas VII SMP Dar Al-Raudhah Pangkalan Bun. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, guru, dan wali kelas SMP Dar Al-Raudhah Pangkalan Bun. Fokus penelitian ini adalah upaya guru dalam menerapkan pendidikan kelas VII SMP Dar Al- Raudhah Pangkalan Bun. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Oleh karena itu, instrumen yang dibuat berupa petunjuk untuk melakukan wawancara dan observasi serta hasil penelitian analisis yang ditentukan oleh sejumlah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membantu guru dalam menerapkan pendidikan karakter melalui berbagai teknik, pendidikan karakter meningkatkan nilai spiritual siswa, salah satunya adalah guru memimpin dengan memberi contoh atau menanamkan kebiasaan baik pada diri merek
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1816
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312059.pdf
  Restricted Access
1.63 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.