Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2932
Title: Korelasi Antara Model Pembelajaran Spider Web Terna Akhlak dengan Akhlak Siswa Sekolah Dasar SD School Of Universe, Parung, Bogor
Authors: Nursita Husaini, 10311011
Advisor: Rachmat Mulyono
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara model pembelajaran Spider Web tema akhlak dengan akhlak siswa. Melalui model pembelajaran Spider Web tema akhlak ini, diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif pada akhlak siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di School of Universe Bogor. Responden dalam penelitian ini berjumlah 18 orang siswa, karena populasi yang ada kurang dari 100 (seratus) siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehingga diambil seluruhnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan metode analisis korelasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi product moment pearson pada program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20 for windows. Setelah melakukan analisa data maka diperoleh output koefisien sebesar 0,788 karena koefisien mendekati 1 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara model pembelajaran spider web tema akhlak dengan akhlak siswa sangat erat. Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi (Sig 2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan diterimanya Ha. Penulis juga melakukan analisa data menggunakan Korelasi Product Moment dan diperoleh hasil r hitung (rh) lebih besar daripada r tabel (rt) rh > rt pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,568 > 0,468. Sedangkan pada signifikansi 1 % r hitung lebih kecil dari pada r tabel rh < rt yaitu 0,568 < 0,590. Maka berdasarkan analisa data tersebut penulis mengambil kesimpulan pada signifikansi 5% sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Namun hubngan yang didapat dalam penelitian ini masuk dalam kategori sedang atau cukup karena berada pada interval 0,40 - 0,599. Jadi dapat disimpulkan bahwa memang ada hubungan positif antara model pembelajaran model spider web tema akhlak dengan akhlak siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik penerapan model pembelajaran Spider Web tersebut maka akan semakin baik pula akhlak siswa Sekolah Dasar School of Universe nantinya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2932
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURSITA HUSAINI_FULL.pdf
  Restricted Access
8.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.