Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2981
Title: Implementasi Metode Usmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TK Al Fityan School Tangerang
Authors: Miftahul Fakhrah, 18320018
Advisor: Hulailah Istiqlaliyah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Al-Qur`an merupakan firman Allah sekaligus kitab suci, mukjizat, sumber hukum, ajaran, dan pedoman hidup yang utama bagi seluruh pemeluk Agama Islam. Al-Qur’an yang diturunkan menggunakan bahasa Arab, menuntut setiap muslim untuk mengkaji isi kandungan yang terdapat di dalamnya. Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kemampuan tahap pertama untuk mengetahui makna yang terkandung dalam ayat. Salah satu metode dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk anak yang sedang berkembang adalah Metode Usmani yang terangkum pada buku bimbingan tahsin dan tajwid Al-Qur’an Utsmani Anak 1, 2, dan 3. Penerapan Metode ini mudah dan efektif digunakan di tengah masyarakat utamanya bagi tingkat pemula. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an di TK Al Fityan School Tangerang selama menerapkan Metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TK Al Fityan School Tangerang berjalan dengan efektif dibuktikan dengan capaian target lulusan, hasil evaluasi rutin yang diselenggarakan, serta prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik di TK Al Fityan School Tangerang.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2981
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18320018.pdf
  Restricted Access
2.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.