Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3265
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNur Aini Zaida-
dc.contributor.authorAl Inganatus Sholihah, 19320032-
dc.date.accessioned2023-11-06T07:40:20Z-
dc.date.available2023-11-06T07:40:20Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3265-
dc.description.abstractKemampuan menulis pada anak di usia dini akan membantu untuk proses kemampuan pra akademiknya dalam meraih prestasi belajar dan menjadi salah satu penentu keberhasilan anak di jenjang pendidikan mendatang. Namun, anak usia 3-4 tahun pada dasarnya belum mampu menulis dengan baik dan benar. Akan tetapi hal ini bisa distimulus guna meningkatkan kemampuan menulis awal anak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mempelajari proses pembelajaran tentang peran guru dalam meningkatkan kemampuan menulis awal anak usia 3-4 tahun. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari RA Labschool IIQ Jakarta. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa peran yang dilakukan oleh guru RA Labschool IIQ Jakarta menjadikan perkembangan kemampuan menulis awal anak menjadi lebih baik. Peran guru dalam meningkatkan kemampuan menulis awal anak usia 3-4 tahun di RA Labschool IIQ Jakarta yaitu guru kelas membuat perencanaan pembelajaran, melatih motorik halus anak, dengan membimbing anak saat proses menulis, gur menggunakan prinsip pengulangan dan prinsip penguatan. Adapun kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam upaya pengembangan kemampuan menulis awal anak usia 3-4 tahun yakni, anak kesulitan dalam memegang pensil, anak kurang fokus anak dalam kegiatan pembelajaran, dan anak kesulitan dalam membedakan bentuk huruf yang hampir sama.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectKemampuan Menulis Awalen_US
dc.titlePeran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal Anak Usia Dini Di RA Labschool IIQ Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
3-19320032.pdf
  Restricted Access
4.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.