Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4321
Title: Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 3 Subang
Authors: Nendah Luthfiani, 21312428
Advisor: Faza Karimatul Akhlak
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya media sosial Tiktok dikalangan remaja yang diduga berdampak pada menurunnya fokus belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 3 Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei mengumpulkan informasi dari responden menggunakan kuisioner. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X di SMAN 3 Subang dengan jumlah sampel 197 responden dengan tingkat kesalahan 5 %, sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 3 Subang, yang berarti semakin tinggi intensitas penggunaan TikTok maka semakin rendah tingkat konsentrasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji T parsial yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 dan T hitung sebesar -5,971 > T tabel 1,652. Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 15,5%, sedangkan 84,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti lingkungan belajar, motivasi, dan metode pembelajaran.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4321
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
26-21312428.pdf
  Restricted Access
5.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
26-21312428_Publik.pdf
  Restricted Access
2.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.