Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4371| Title: | Hubungan Adversity Quotient Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakart |
| Authors: | Fina Hadziqatur Rahmah, 21312381 |
| Advisor: | Syahidah Rena |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu masalah. Adversity Quotient merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki seseorang untuk tetap fokus dan bangkit dari kesulitan dalam proses belajar. Pada saat ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki ketahanan diri guna menghadapi tekanan akademik dan sosial. Oleh karena itu, pengembangan ketahanan diri penting sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan Adversity Quotient pada prestasi belajar mahasiswa anggota BKKBM IIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi spearman, serta subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) IIQ Jakarta berjumlah 176 orang, dengan penarikan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebesar 30% dari jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adversity Quotient tidak memiliki korelasi atau hubungan yang signifikan pada prestasi belajar mahasiswa anggota BKKBM IIQ Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan korelasi spearman yang menunjukkan angka rs (0,059) dengan taraf signifikan 5%, dan dalam interpretasi sederhana menunjukkan sifat korelasi yang sangat lemah atau dianggap tidak ada hubungan. Maka dari hasil ini diperlukan faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar selain Adversity Quotient, seperti metode belajar, motivasi internal, kualitas pengajaran, serta lingkungan akademik yang kondusif agar prestasi belajar optimal dapat dicapai. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4371 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 74-21312381.pdf Restricted Access | 2.85 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 74-21312381_Publik.pdf Restricted Access | 1.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.