Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4391| Title: | Implementasi Kegiatan Muraja’ah Dalam Menanamkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Labschool IIQ Jakarta |
| Authors: | Rizkya Kamelida Fitriani, 20320076 |
| Advisor: | Hasanah |
| Issue Date: | 2024 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi karena membiasakan anak-anak untuk menghafal Al-Qur’an sejak dini merupakan tantangan, tetapi juga sangat mungkin dicapai. Ini dianggap sebagai akibat dari fakta bahwa anak-anak usia dini sedang dalam proses mengeksplorasi berbagai potensi dan kemampuan mereka. Salah satu sekolah yang menerapkan kegiatan muraja’ah dengan metode pembiasaan dalam menghafal surah pendek, doa dan hadis pada anak usia dini ialah sekolah RA Labschool IIQ Jakarta. Sehubungan dengan temuan pra penelitian, peneliti dapat melihat perbedaan dalam cara guru menerapkan metode pembiasaan dalam kegiatan muraja’ah surat pendek yang biasa dilakukan setiap pagi dari hari senin hingga jum’at. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan kegiatan muraja’ah dengan metode pembiasaan untuk menanamkan kecerdasan spiritual pada diri anak. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data primer pada penelitian ini diantaranya: Kepala Sekolah, 3 Guru, 3 Wali Murid, data sekunder yang digunakan yaitu buku, jurnal, dan buku sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi muraja’ah dalam menanamkan spiritual siswa dalam implementasi muraja’ah terdiri dari perencanaan yang matang, mulai dari perekrutan guru yang kompeten di bidang Al-Qur’an, harus menguasai metode Abjadi, Bagdadi dan fasih dalam membaca Al-Qur’an, guru juga merumuskan jadwal muraja’ah dan targettarget surah yang akan dibaca setiap harinya, Adapun saat nya guru memberikan nasihat atau menceritakan makna dari suatu hadist yang akan anak-anak hafalkan, Maka implementasi kegiatan muraja’ah dalam menanamkan kecerdasan spiritual anak usia 5-6 tahun sangat efektif dan signifikan. Kadar meningkatnya kecerdasan spriritual anak terbilang cukup baik. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4391 |
| Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 15-20320076.pdf | 3.15 MB | Adobe PDF | View/Open | |
| 15-20320076_Publik.pdf | 948.44 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.