Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4395
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah-
dc.contributor.authorSabila Ambari, 21320088-
dc.date.accessioned2025-11-26T07:57:14Z-
dc.date.available2025-11-26T07:57:14Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4395-
dc.description.abstractDi RA Labschool IIQ Jakarta, kegiatan meniru gerak dan pembiasaan salat berjamaah menjadi salah satu strategi dalam merangsang perkembangan motorik dan karakter religius anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembiasaan gerakan meniru gerak dan salat berjamaah dalam meningkatkan perkembangan motorik dan karakter anak usia dini di RA Labschool IIQ Jakarta. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Observasi langsung terhadap aktivitas anak di kelas sebagai indikator perkembangan motorik dan dokumentasi. analisis data menggunakan reduksi data Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan meniru gerakan salat berjamaah dapat mendukung perkembangan motorik anak usia dini secara optimal. langkah-langkah pembiasaan yang dilakukan di RA Labschool IIQ Jakarta sebagai berikut: pelibatan orang tua dalam menunjang kegiatan salat berjamaah, melakukan pengulangan guna memperkuat daya ingat anak terhadap urutan dan gerakan salat, anak-anak di ajak bermain peran salat berjamaah, menanamkan kebiasaan ibadah sejak usia dini dengan membangun kebiasaan salat berjamaah setiap hari, menumbuhkan rasa cinta dan ketaatan kepada Allah melalui kebiasaan salat berjamaah setiap hari, menanamkan pemahaman dasar mengenai salat, menyisipkan pemahaman keagamaan yang bersumber dari hadis-hadis nabi, menciptakan suasana yang kondusif dengan membantu anak membentuk pola pikir yang otomatis sehingga gerakan salat dan tata caranya menjadi bagian yang melekat dalam keseharian, pemberian pujian secara verbal dan penghargaan sederhana pada anak yang mulai hafal gerakan salat atau melafalkan bacaan salat dengan benar. dari pembiasaan tersebut dapat disimpulkan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia dini di RA Labschool IIQ Jakarta sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang tepat, konsisten, dan menyenangkan yang dilakukan secara terpadu antara sekolah dan lingkungan keluarga salah satunya melalui pembiasaan salat berjamaah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectSalat bejamaahen_US
dc.subjectmotorik halusen_US
dc.subjectmotorik kasaren_US
dc.titlePembiasaan Gerakan Salat Berjamaah Dalam Meningkatkan Motorik Pada Anak Usia Dini di RA LabSchool IIQ Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
04-21320088.pdf4.09 MBAdobe PDFView/Open
04-21320088_Publik.pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.