Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4396
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHulailah Istiqlaliyah-
dc.contributor.authorNurmalasari, 21320085-
dc.date.accessioned2025-11-26T08:01:33Z-
dc.date.available2025-11-26T08:01:33Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4396-
dc.description.abstractAnak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Anak usia dini 0-5 tahun sedang memiliki potensi yang pesat dalam pembentukan akhlaknya, oleh karena itu dibutuhkan pengasuhan yang tepat untuk membentuk karakter dan akhlak yang baik. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan pola asuh seperti Rasulullah SAW atau dikenal dengan sebutan prophetic parenting, seperti menampilkan suri tauladan yang baik, mencari waktu yang tepat untuk memberikan pengarahan, bersikap adil dan menunaikan hak anak, memberikan hukuman dan membantu anak untuk berbakti dan mengerjakan ketaatan. Dengan menerapkan cara ini diharapkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini tercapai sesuai dengan Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang STPPA untuk usia 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan prophetic parenting di PAUDQu Annisa Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 informan, yaitu: Kepala Sekolah, Guru kelas Tk A, Guru kelas Tk B, dan 6 orang orangtua siswa PAUDQu Annisa Depok. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan prophetic parenting di PAUDQu Annisa Depok berjalan dengan efektif dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral. Program sekolah yang menerapkan nilai-nilai Islami dan ajaran Rasulullah SAW menjadi kebiasaan sehari-hari dalam kegiatan belajar mengajar seperti, pembiasaan tahfidz dipagi hari, praktek solat berjama’ah, hafalan do’a dan hadist harian, menceritakan kisah nabi diterapkan secara rutin dan konsisten serta menjadi kebiasaan anak. Komunikasi yang aktif antara sekolah dan orangtua melalui buku penghubung, pertemuan langsung dan Grup WhatsApp mendukung keberhasilan dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini 4-6 tahun seperti mengenal agama yang dianutnya, jujur, hidup sehat dan penyesuaian diri sehingga sesuai dengan indikator dalam STPPA Permendikbud No.137 Tahun 2014.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectNilai Agama Dan Moralen_US
dc.subjectProphetic Parentingen_US
dc.titlePenerapan Prophetic Parenting dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di PAUDQu Annisa Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
05-21320085.pdf3.49 MBAdobe PDFView/Open
05-21320085_Publik.pdf2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.