Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4401| Title: | Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz AlQur’an dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT At-Taqwa Garuda Tangerang |
| Authors: | Syalsya Anisa Hakim, 21320091 |
| Advisor: | Siti Istiqomah |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | TKIT At-Taqwa Garuda Tangerang mempunyai banyak program ekstrakurikuler salah satu diantaranya yaitu program Tahfiz Al-Qur’an. Program ini dibuat agar siswa-siswi TKIT At-Taqwa Garuda mempunyai wadah untuk menampung hafalan Al-Qur’an dan sebagai bentuk dukungan agar dapat meningkatkan hafalannya. Pelaksanaan program Tahfiz tersebut perlu adanya upaya dan dorongan dari pihak sekolah maupun luar sekolah, serta dukungan orang tua untuk menunjang pelaksanaan program ini dan mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an di TKIT At-Taqwa Garuda. Untuk mengetahui hafalan Al-Qur’an yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an di TKIT At-Taqwa Garuda, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hafalan anak di TKIT At-Taqwa Garuda. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahfiz di TKIT At-Taqwa dilaksanakan dengan cara saat memulai kegiatan yakni membaca do’a, muroja’ah bersama secara serempak, dan siswa di tes hafalannya satu persatu menggunakan metode talaqqi. Kegiatan ekstrakulikuler ini sangat bermanfaat dan berperan dalam meningkatkan hafalan siswa. Anak-anak mengalami perkembangan yang signifikan dalam kemampuan menghafal Al-Qur'an. Hal ini diukur dan dikuatkan melalui indikator kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, yaitu: kelancaran, ketepatan tajwid dan makhrajnya. Faktor yang mempengaruhi, yaitu seperti bimbingan guru, metode pembelajaran yang variatif, kehadiran anak, pendampingan orang tua, pemberian motivasi, serta lingkungan yang kondusif menjadikan kegiatan ini efektif dalam meningkatkan hafalan anak. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4401 |
| Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 09-21320091.pdf | 2.74 MB | Adobe PDF | View/Open | |
| 09-21320091_Publik.pdf | 2.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.