Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4284
Title: Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di Mi Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Tangerang Selatan
Authors: Luthfia Zahrani Nurramadhan, 21312412
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang memiliki program tahfiz Al-Qur’an. Salah satunya MI Mumtaza, selain kurikulum nasional, MI Mumtaza memiliki kurikulum cambridge dan kurikulum tahfiz. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfiz dalam mencapai target hafalan siswa di MI Mumtaza Islamic School, Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian berjumlah 9 orang meliputi kepala sekolah, koordinator tahfiz, guru tahfiz, wali kelas, dan 5 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfiz di MI Mumtaza dilaksanakan secara sistematis dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran dan pembagian target hafalan yang jelas per jenjang kelas. Setelah itu melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP. Selanjutnya metode yang digunakan meliputi talaqqi, muraja’ah, dan setoran harian yang diawasi langsung oleh guru tahfiz. Faktor pendukung keberhasilan meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, keterlibatan orang tua dan motivasi internal siswa. Secara keseluruhan, pembelajaran tahfiz di MI Mumtaza telah berjalan efektif dalam membantu siswa mencapai target hafalan yang ditetapkan.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4284
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
51-21312412.pdf
  Restricted Access
4.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
51-21312412_Publik.pdf
  Restricted Access
1.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.