Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4309
Title: Implementasi Program Tahfiz 15 Juz dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII Takhassus di SMPIT Nur Hikmah Bekasi
Authors: Hilmi Azkia Maulida, 21312389
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Generasi muda saat ini menghadapi tantangan penurunan moral akibat pengaruh globalisasi dan modernisasi, sehingga lembaga pendidikan dituntut membentuk karakter religius peserta didik. Salah satu upaya yang ditempuh adalah program tahfiz Al-Qur’an, karena diyakini mampu menanamkan nilainilai karakter religius. Namun, masih banyak siswa yang fokus pada capaian hafalan tanpa diiringi perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahfiz 15 juz dan dampaknya terhadap pembentukan karakter religius. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian diniyah, guru Al-Qur’an, dan enam siswa kelas VIII takhassus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfiz 15 juz di SMPIT Nur Hikmah Bekasi memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk karakter religius siswa. Program terstruktur melalui perencanaan dengan target 12-15 juz selama 3 tahun, pelaksanaan rutin dengan tiga sesi pembelajaran Al-Qur’an, serta evaluasi harian, mingguan, bulanan, dan semesteran. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan hafalan, tetapi juga menumbuhkan religiusitas secara menyeluruh.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4309
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13-21312389.pdf
  Restricted Access
3.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
13-21312389_Publik.pdf
  Restricted Access
2.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.