Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4336
Title: Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Smp Negeri 1 Kalanganyar Kab. Lebak
Authors: Siti Sholihat, 21312463
Advisor: M. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pengembangan pembelajaran PAI berbasis TIK sangat penting untuk menciptakan proses belajar yang efektif, inovatif, dan menyenangkan di tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui strategi pengembangan pembelajaran PAI berbasis TIK di SMP Negeri 1 Kalanganyar, Kab. Lebak, 2) menganalisis upaya guru PAI dalam mengoptimalkan penggunaan TIK guna meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari enam informan: kepala sekolah, guru PAI, koordinator TIK, dan tiga siswa kelas VIII SMPN 1 Kalanganyar. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pengembangan pembelajaran PAI berbasis TIK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran; 2) upaya guru mencakup pengembangan profesional, penerapan media digital, dan dukungan sarana prasarana; 3) faktor pendukung meliputi kesiapan SDM, sarana, serta kebijakan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya mencakup gangguan jaringan, kurangnya pelatihan, dan keterbatasan akses perangkat pada sebagian siswa.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4336
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
39-21312463.pdf
  Restricted Access
2.27 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
39-21312463_Publik.pdf
  Restricted Access
1.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.