Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4361
Title: Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa di SMAIT Rahmatan Lil Alamin Bogor
Authors: Salsabila, 21312455
Advisor: Hasanah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pada era digital yang berkembang sangat pesat banyak munculnya kreativitas media pembelajaran yang dapat ditemukan di media sosial, salah satunya menggunakan gadget. Kreativitas merupakan faktor yang sangat penting agar dapat membuat pelajaran lebih menarik bagi siswa, dan membantu siswa lebih terfokus pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan media sosial terhadap kreativitas siswa dan mengindentifikasi hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 6 informan, yaitu: Kepala Sekolah, Guru, dan 4 Siswa kelas 11 di SMAIT Rahmatan Lil ’Alamin. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi, dan klasifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial memberikan dampak yang beragam terhadap kreativitas siswa di SMAIT Rahmatan Lil 'Alamin Bogor. Dampak positif terhadap peningkatan kreativitas siswa, terutama dalam hal akses informasi, inspirasi ide-ide baru, dan sarana untuk mengembangkan kreativitas, sedangkan dampak negatif yang diamati penulis sebagai berikut: penulis mengkategorisasi berdasarkan jumlah masa bermain media sosial antara lain, (1) siswa yang menggunakan media sosial sekitar 6 jam sehari masih mampu mengakses informasi dan menuangkan ide kreatif, meskipun peningkatan kreativitas yang diperolehnya tidak terlalu signifikan (2). siswa yang menghabiskan waktu lebih dari 12 jam sehari di media sosial cenderung mengalami penurunan konsentrasi belajar, yang pada akhirnya menurunkan tingkat kreativitas siswa. Ada beberapa hambatan juga yang muncul dalam meningkatkan kreativitas siswa antara lain, (1) terlalu banyak melihat konten yang dapat menghambat peningkatan kreativitas siswa, (2) kurangnya pengetahuan dan arahan dalam menggunakan media sosial dengan bijak. Oleh sebab itu, keterlibatan guru dan orang tua sangat penting dalam memberikan bimbingan.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4361
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
65-21312455.pdf
  Restricted Access
3.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
65-21312455_Publik.pdf
  Restricted Access
1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.