Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4403
Title: Penerapan PAUD Inklusif dalam Menanamkan Sikap Toleransi Anak Usia Dini di TKIT Nur Fatahillah Tangerang Selatan
Authors: Siti Aminah, 21320090
Advisor: Hasanah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini membahas penerapan pendidikan inklusif dalam menanamkan sikap toleransi pada anak usia dini di TKIT Nur Fatahillah Tangerang Selatan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan anak usia dini yang mampu menghargai perbedaan dan keberagaman, mengingat setiap anak memiliki kebutuhan dan karakter yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendidikan inklusif dilaksanakan, faktor pendukung serta penghambatnya, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pembentukan sikap toleransi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, serta peserta didik TKIT Nur Fatahillah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan inklusif dilakukan melalui pembelajaran berbasis bermain, pembiasaan sikap saling menghormati, dan interaksi sosial yang melibatkan seluruh anak, baik reguler maupun anak berkebutuhan khusus. Faktor pendukung antara lain kurikulum sekolah yang adaptif, dukungan guru dan orang tua, serta lingkungan sekolah yang kondusif. Faktor penghambatnya adalah faktor usia, perkembangan emosional serta pengalaman sosial yang negatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendidikan inklusif dapat menumbuhkan sikap toleransi pada anak usia dini, yang tampak melalui meningkatnya sikap empati, saling menghargai, dan kerjasama antarsiswa.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4403
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11-21320090.pdf3.42 MBAdobe PDFView/Open
11-21320090_Publik.pdf930.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.