Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1006
Title: Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada Kelas Bilingual dan Kelas Reguler (studi kasus kelas V MIN 1 Kota Tangerang Selatan)
Authors: Rohmatin Sholihah, 15311629
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 5-Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah dari skripsi ini adalah adanya dua kelas di MIN 1 Kota Tangerang Selatan yakni kelas bilingual dan kelas regular. Dalam bidang Al-Qur`an, terdapat perbedaan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur`an serta hasil nilai pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas bilingual dan regular. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V bilingual, kelas V Areguler, dan kelas V B regular di MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yakni 1) observasi, yakni penulis pengamati proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ), suasana kelas, sarana dan prasaran pada kelas V bilingual, kelas V A & B regular. 2) wawancara yakni, penulis melakukan wawancara kepada Kepala madrasah, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Guru BTQ kelas V Bilingual dan kelas V A & B Reguler, serta peserta didik kelas V MIN 1 Kota Tangerang Selatan. 3) dokumentasi yakni, hasil nilai Baca Tulis Al- Qur`an (BTQ), foto dengan narasumber wawancara, dan foto pada saat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V bilingual, kelas V A & B reguler. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V Bilingual dengan metode Qira`ati hasilnya sangat baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 92, 2) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V A Reguler dengan metode Iqra` hasilnya baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 85, 3) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V B Reguler dengan metode Iqra‟ hasilnya baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 82.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1006
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311629.pdf
  Restricted Access
4.63 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.