Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2193
Title: Analisis Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Bertanya Guru PAI di SD Al Wathoniyah 9 Penggilingan Jakarta
Authors: M. Sony, 219430253
Advisor: Abdul Halim
Fajar Syarif
Issue Date: 2022
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perangkat pembelajaran pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan menganalisis pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan bertanya guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, menggunakan berbagai teknik yaitu wawancara yang dilakukan kepada narasumber, kemudian observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai kegiatan yang terdapat di lokasi yang bersangkutan dengan penelitian , kemudian dokumentasi dengan cara mengumpulkan data yang telah tersedia berupa foto, laporan atau dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru PAI SD Al Wathoniyah 9 dalam mengajar sudah sesuai dengan permendikbud No 22 2016 sebagai acuan dasar dalam pembuatan perangkat pembelajaran (2) guru PAI di SD Al Wathoniyah 9 sudah mengimplemetasikan pembelajaran saintifik dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang memang sudah ditentukan dalam pendekatan saintifik, hanya saja terkadang guru tidak sistematis atau berurutan pada pelaksanaannya (3) Penggunaaan pendekatan saintifik dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat membantu guru dalam menstimulus dirinya untuk bertanya kepada para siswa lebih aktif dan variatif lagi.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2193
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
219430253-M. Sony.pdf
  Restricted Access
219430253-Tesis5.95 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.