Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3002
Title: Konsep Pendidikan Pembcbasan Paulo Freire dalam Perspektif Islam
Authors: Zakiyah Nasution, 97310339
Advisor: Abdul Hamid
Issue Date: 2002
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Sosok Paulo Freire, pendidik sosial asal Brazil, dan konsep pendidikan sebagai praktek pembebasannya, sudah cukup lama dikenal, dan dijadikan panutan bagi kalangan mahasisiwa dan intelektual Indonesia, khusunya dalam dua dekade terakhir ini. Namun usaha untuk mengaitkannya dengan Islam, sebagai sebuah agama, sistem nilai dan pandangan hidup, adalah suatu yang menggembirakan dan layak disimak, terutama karena kejernihan kompatibilitas keduanya. Sesuai penindasan yang mengungkung suatu masyarakat biasanya bertahan lama ketika agama mulai ditampilkan sebagai alat untuk melegitimasi situasi yang tidak manusiawi. Model legitimasinya dapat berupa sikap kaum agamawan terhadap situasi penindasan ataupun sikap politik yang mengamini perilaku-perilaku penindas. Dalam ajaran agama Islam, yang diutamakan adalah rasa kemanusiaan, amal baik, dan perlindugan terhadap yang lemah dan tertindas, sejarah Islampun membuktikan bahwa "pendidikan pembebasan, yang menempatkan setiap insan manusia sebagai aktor, dan bukan sekedar obyek, sejarah, sangatlah dipengaruhi oleh prinsip-prinsip kebebasan, demokrasi, toleransi dan keadilan" Kehadiran Islam sebagai agama yang damai dan selamat mempunyai tujuan untuk "memanusiakan realitas sosial".2 Jadi antara pikiran Paulo Freire tentang pendidikan pembebasan sangat berkaitan bahkan cocok sekali dengan prinsip kebebasan dalam Islam, dalam arti siapapun berhak dan mempunayi kebebasan dalam belajar untuk memperoleh ilmu kebaikan hidupnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3002
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18. Zakiyah Nasution.pdf
  Restricted Access
5.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.