Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3067
Title: Tinjauan Islam Terhadap Konsep Demokrasi Pendidikan John Dewey
Authors: Husnika, 98310488.
Advisor: Alisuf Sabri
Issue Date: 2003
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Hampir tiga dasawarsa terakhir, kehidupan sosial politik Indonesia diwarnai wacana demokrasi. Hal itu · disebabkan beberapa faktor, baik intern maupun ekstern. Faktor internnya adalah bahwa masyarakat telah berupaya membangun kesadaran demokrasi melalui berbagai aktivitas, misalnya melalui LSM, diskusi yang diselenggarakan di berbagai perguruan tinggi, yang juga berimplikasi terhadap maraknya gerakan rnahasiswa, dan sebagainya. Adapun faktor eksterrnnya antara lain proses demokrasi yang dilakukan secara sistematis yang dilakukan oleh rezim terdahulu yang akhirnya melahirkan pemberontakan-pemberontakan baik di tingkat wacana maupun dalam bentuk gerakan sosial dan politik. Kenyataan demikian menyebabkan situasi demokrasi ini semakin meluncur dan terpuruk. Satu hal yang patut disayangkan pula, pendidikan acapkali ditempatkan sebagai sesuatu yang hanya bertali-temali dengan transfer of knowledge dan arena indoktrinasi, padahal sesungguhnya pendidikan lebih dari itu. Disamping sebagai aktifitas transfer of knowledge, pendidikan juga merupakan media dan aktifitas membangun kesadaran, kedewasaan dan kedirian peserta didiknya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3067
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
74. Husnika.pdf
  Restricted Access
3.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.