Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3291
Title: Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Tilawah Al-Qur’an di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat
Authors: Fadia Rahmawati, 19312069
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penulisan ini dilatar belakangi hadirnya Salah satu program pembinaan peserta didik di sekolah yaitu kegiatan ekstrakulikuler, dengan adanya program ekstrakulikuler ini siswa dapat mengembangkan kemampuan bakat, minat dan proses pengembangan pendewasaan kemajuan mereka dimasa depan. Salah satu contoh kegiatan ekstrakurikuler di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat adalah Tilawah Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Strategi yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat, (2) Upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan dalam pembelajaran tilawah Al-Qur’an di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat sebagai berikut : (a) menggunakan strategi ekspositori dengan metode ceramah dan metode demontrasi, (b) model pembelajaran langsung, (c) tahap evaluasi. Adapun upaya meningkatkan motivasi dalam kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an yaitu : (a) memberikan pemahaman tentang tujuan dan manfaat belajar tilawah, (b) melakukan pembiasaan, (c) menanamkan jika sabar dan tekun serta tidak gampang putus asa, (d) memberikan reward atau penghargaan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3291
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12-19312069.pdf
  Restricted Access
2.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.