Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3298
Title: | Pengaruh Self-Talk Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Mahasiswi IIQ Jakarta |
Authors: | Pera Patmawati, 19312086 |
Advisor: | Syahidah Rena |
Issue Date: | 2023 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Motivasi merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses menghafal Al-Qur’an. ketika motivasi seseorang rendah maka akan memiliki dampak buruk pada seseorang. Dengan motivasi yang tinggi diharapkan mahasiswi IIQ Jakarta semester VIII lebih baik lagi dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah ada pengaruh self-talk untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an mahasiswi IIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Pre- Experimental Designs (Nondesigns). Sampel dalam penelitian sebanyak 10 orang mahasiswi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan hasil uji pre-test dan post-test berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji paired t-test terdapat perbedaan motivasi antara nilai pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 38,3 dan nilai rata-rata post-test sebesar 42. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan self-talk memberikan pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an mahasiswi IIQ Jakarta prodi PAI semester VIII. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3298 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
19-19312086.pdf Restricted Access | 2.64 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
19-19312086_Publik.pdf Restricted Access | 971.56 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.