Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3447
Title: Tradisi Pembacaan Rātib Kubrā (Studi Living Qur’an di Majelis Ta’lim Darul Hasyimi Cibarusah, Bekasi)
Authors: Syarah Auliya Hadzani, 19211326
Advisor: Ulin Nuha
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Rātib Kubrā adalah kumpulan ayat-ayat Al-Qur’an dan untaian kalimat zikir yang biasanya diucapkan berulang-ulang sebagai salah satu bentuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kehadiran ratib di tengah masyarakat, dilatar belakangi oleh berbagai masalah yang ada pada saat itu. Bacaan zikir atau ratib bisa menjadi solusi alternatif untuk menjaga masyarakat dari rusaknya moral pada jaman ini. Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengunakan penelitian kualitatif yang berbasis kajian living Qur’an dengan menekankan pendekatan fenomologis. Dalam pengambilan sumber data penulis terjun langsung kelapangan untuk mendapatkan sumber primer yang berlokasi di Majelis Ta’lim Darul Hasyimi Cibarusah. Dalam hal ini, penulis mengambil sampel penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, dan snowball sampling. Selanjutnya, dari hasil penelitian ini penulis menemukan dalam pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an pada Rātib Kubrā, para pemimpin Majelis Ta’lim Darul Hasyimi menyusun sedemikian rupa Rātib Kubrā agar dapat dengan mudah diamalkan oleh masyarakat secara umum dan semuanya memiliki khasiat. Dan dari hasil wawancara yang penulis kumpulkan, motivasi jamaah dalam mengikuti kegiatan Rātib Kubrā diantaranya yaitu: ngin mendekatkan diri kepada Allah, ingin hati lebih tenang, dan mengikuti suami.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3447
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
64-19211326.pdf
  Restricted Access
2.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.