Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3547
Title: Motivasi Menghafal Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Mahasiswa Program Magister IIQ Jakarta
Authors: Nila Murtadhiyah Hakim, 222430349
Advisor: Romlah Widayati
Muh. Ubaidillah Al Ghifary S
Issue Date: 2024
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi mahasiswa Program Magister PAI menghafal Al-Qur’an dan upaya pengelola Program Magister PAI terhadap pembentukan karakter disiplin mahasiswa. Tesis ini juga bertujuan untuk mengungkapkan dampak kedua faktor terhadap kedisiplinan tuntas masa studi mahasiswa Program Magister PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer, sekunder dan pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, wawancara (Kaprodi PAI Program Magister, dosen tahfidz Al-Qur’an, kepala bagian tata usaha dan mahasiswa Prodi PAI tahun akademik 2019/2020) dan dokumentasi. Hasil tesis ini menunjukan bahwa: pertama, motivasi mahasiswa Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) IIQ Jakarta ada dua motivasi dalam menghafal Al-Qur’an yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kedua, upaya pengelola Program Magister PAI terhadap pembentukan karakter disiplin mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an yaitu ada lima upaya, yaitu: a. memberikan pemahaman pentingnya menghafal dan mempelajari Al-Qur’an, b. mengadakan pembinaan atau pelatihan, c. penerapan tata tertib, d. peningkatan sarana dan prasarana, e. pengembangan materi pembelajaran, ketiga dampak kedua faktor terhadap kedisiplinan tuntas masa studi mahasiswa Program Magister PAI yaitu tepat waktu, taat terhadap peraturan dan tanggung jawab dalam tugas.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3547
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
222430349_Nila Murtadhiyah Hakim.pdf
  Restricted Access
222430349_Tesis4.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.