Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3584
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Kurnia Akbar | - |
dc.contributor.author | Siti Aisyah, 19320057 | - |
dc.date.accessioned | 2024-05-04T05:18:28Z | - |
dc.date.available | 2024-05-04T05:18:28Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3584 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal surah-surah pilihan di TKQ Baiturrahmah dan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan menghafal Al-Qur’an anak Melalui Penerapan Metode Ummi. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskritif, tempat penelitian di TKQ Baiturrahmah Kembangan Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data dari Kepala Sekolah, Guru Kelompok B dan Anak Murid Kelompok B, sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, data penyajian dan data verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode ummi dalam menghafal surah-surah pilihan pada anak di TKQ Baiturrahmah berjalan dengan baik. Tahap perencanaan agar menghafal surah-surah pilihan ini mencapai target yaitu dengan musyarawah terlebih dahulu dengan pihak terkait, setelah itu pihak sekolah survey ke salah satu sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ummi dan mempersiapkan tenaga pendidik untuk sertifikasi metode ummi, tahap pelaksanaannya yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup, tahap yang terakhir yaitu tahap evaluasi yaitu evaluasi pembelajaran Al-Qur’an selama satu semester. Adapun faktor pendukungnya yaitu kemampuan dasar anak-anak, keinginan dan semangat anak-anak yang tinggi serta lingkungan keluarga yang baik. Faktor penghambatnya ialah anak-anak yang belum mampu membaca Al-Qur`an dengan lancar serta masih ada yang belum mampu mengenal huruf hijaiah, pengaruh lingkungan yang tidak baik di luar sekolah dan keterbatasan waktu di sekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Metode Ummi | en_US |
dc.subject | Surah-Surah Pilihan | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Ummi Dalam Menghafal Surah-Surah Pilihan Pada Anak di TKQ Baiturrahmah Kembangan Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16-19320057.pdf | 2.3 MB | Adobe PDF | View/Open | |
16-19320057_Publik.pdf | 1.36 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.