Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3585
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Faza Karimatul Akhlak | - |
dc.contributor.author | Khadijah Qonitah, 19320044 | - |
dc.date.accessioned | 2024-05-04T05:20:59Z | - |
dc.date.available | 2024-05-04T05:20:59Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3585 | - |
dc.description.abstract | Di antara kurikulum di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimana program hafalan surat pendek, seluruh siswa-siswi TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka Jakarta Timur diajarkan hafalan di kelompok B dengan target hafal surat-surat pendek. Peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut terkait masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru taman kanak-kanak dalam meningkatkan hafalan al-Qur'an pada anak usia dini di TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka dan mengetahui kendala pada saat anak menghafal al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala sekolah TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka, Guru Kelas Kelompok B TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka, dan siswa kelompok B TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian penulis: Upaya guru dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka dapat penulis simpulkan bahwa dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an, guru menggunakan metode musyafahah secara bersama-sama dengan mengulang-ulang bacaan yang sudah dihafalnya murid sampai lancar, kemudian menambah hafalan baru dan memberikan laporan perkembangan hafalan murid kepada orangtua secara berkala Adapun faktor pendukung dalam menghafal surat-surat pendek pada anak usai dini adalah guru selalu mengulang kembali hafalan yang sudah dihafal agar melekat pada otak anak. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah orang tua tidak mengulang kembali hafalan yang sudah di hafal dirumah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Guru Taman Kanak-Kanak | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.subject | Meningkatkan Hafalan al-Qur’an | en_US |
dc.title | Upaya Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur’an di TK Islam al-Abror Tanah Merdeka Jakarta Timur | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17-19320044.pdf | 2.32 MB | Adobe PDF | View/Open | |
17-19320044_Publik.pdf | 1.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.