Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4009
Title: | Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada Siswa MIN 2 Tangerang Selatan |
Authors: | Ayu Ratna Febrianti, 20312318 |
Advisor: | Esi Hairani |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran serta kurangnya semangat belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, terlebih dalam pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an. Karena itu diperlukan suatu metode menghafal yang inovatif salah satunya adalah dengan metode drill atau biasa disebut dengan metode latihan untuk mewujudkan peserta didik yang mampu menjadi penghafal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran baca tahfiz Al-Qur’an siswa kelas 5 MIN 2 Tangerang Selatan, dan untuk mengetahui indikator kualitas pembelajaran baca tahfizh Al-Qur’an yang digunakan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada siswa kelas 5 MIN 2 tangerang Selatan adalah terdiri dari tiga tahap, tahap perencanaan meliputi guru harus menyusun silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum pembelajaran dilaksanakan, menentukan tujuan, materi, metode dan media pembelajaran, tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, serta tahap evaluasi belajar meliputi tes lisan dan tes tulis. 2). Indikator kualitas pembelajaran yang digunakan pada pelajaran Baca tahfizh Al-Qur’an pada siswa MIN 2 Tangerang Selatan adalah pembelajaran yang mencapai tujuan pembelajaran meskipun belum terlaksana dengan baik, peserta didik aktif, kreatif, dan mandiri dalam pembelajaran, pembelajaran dirasakan manfaatnya dan mempunyai nilai-nilai (values) yang dapat di implementasikan dalam kehidupan, dll. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4009 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
33-20312318.pdf Restricted Access | 3.98 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
33-20312318_Publik.pdf Restricted Access | 1.76 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.