Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4022
Title: | Peran Guru PAI dalam Membangun Moralitas Siswa pada Era Digital di SMPN 3 Tangerang Selatan |
Authors: | Nurul Faridah, 20312332 |
Advisor: | Eka Naelia Rahmah |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya dampak yang ditimbulkan pada era digital, perkembangan teknologi digital telah membawa dampak yang signifikan dalam pendidikan termasuk dalam membangun moralitas siswa pada era digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam dalam membangun moralitas siswa pada era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, dan 5 peserta didik kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan, dan sumber data sekunder sekunder berupa buku, jurnal, skripsi yang telah dipublikasikan dan data-data dari sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun moralitas siswa pada era digital berperan dengan sangat baik, terlihat dari guru berperan sebagai pendidik, dalam hal ini diwujudkan dengan melakukan pembiasaan berdo’a terlebih dahulu ketika akan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan mengakhiri kegiatan pembelajaran, hal ini bertujuan untuk membangun moralitas siswa yang baik, guru berperan sebagai pengajar, guru bertugas menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang mudah dipahami oleh peserta didik, guru berperan sebagai pembimbing, yaitu membimbing peserta didik menghadapi perkembangan teknologi, guru berperan sebagai penasehat, yaitu menasehati peserta didik dengan sikap lemah lembut, guru berperan sebagai model dan teladan, sikap dan perilaku guru menjadi cermin bagi peserta didik dengan cara memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, seperti dalam berbahasa. Tentunya peran guru tersebut bisa membangun moralitas era digital di antaranya: dilihat dari aspek kejujuran, menjadi diri sendiri, bertanggung jawab, kemandirian, keberanian moral, kerendahan hati (tawadhu), dan berfikir kritis |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4022 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
46-20312332.pdf Restricted Access | 1.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
46-20312332_Publik.pdf Restricted Access | 403.16 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.