Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4053
Title: | Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Melatih Kepercayaan Diri Public Speaking Pada Siswa Kelas 8 MTs Daarul Hikmah Pamulang |
Authors: | Ria Arzulia Sholehah, 20312261 |
Advisor: | Sri Tuti Rahmawati |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Public speaking adalah aktivitas berbicara secara langsung atau tatap muka dengan audiens. Dalam penerapannya saat ini, public speaking dapat berlaku dalam konteks formal dan informal, serta juga dapat melalui media perantara seperti kegiatan muhadharah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa khususnya dalam berbicara dan berdakwah, mengasah keberanian dan spiritualitas siswa untuk berbicara di depan banyak orang, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan Muhadharah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri public speaking pada siswa kelas 8 MTs daarul hikmah dan penelitian ini berfokus pada peningkatan kepercayaan diri public speaking siswa yang dikembangkan melalui kegiatan muhadharah yang dilaksanakan oleh sekolah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif dan studi kasus. Informan penelitian berjumlah 4 unsur diantaranya adalah Waka Kurikulum sekolah, guru pembimbing kegiatan muhadharah, dan 2 siswa sebagai perwakilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak terlibat, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik induktif seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian pelaksanaan kegiatan Muhadharah untuk melatih kepercayaan diri public speaking siswa kelas 8 adalah dengan menghafal dan menentukan tema dan isi pidato. Dampak yang dicapai siswa adalah mereka menyerap ilmu dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas, dapat mengolah bahasa dengan baik, mentalnya terlatih, percaya diri dalam berbicara di depan umum, dan mempunyai daya ingat yang tinggi berkembang dan semakin inovatif dalam berkomunikasi. Dan jika siswa menggunakan metode memoriter yakni metode berbicara didepan umum dengan menghafal teks atau naskah yang sudah disiapkan, siswa akan merasa lebih percaya diri dengan adanya kegiatan yang yang berkaitan dengan berbicara di depan umum. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4053 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
74-20312261.pdf Restricted Access | 2.4 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
74-20312261_Publik.pdf Restricted Access | 870.12 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.