Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4092
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Istiqomah-
dc.contributor.authorMar’atus Sholihah, 20320066-
dc.date.accessioned2024-11-13T08:12:50Z-
dc.date.available2024-11-13T08:12:50Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4092-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang marak terjadi akhir-akhir ini adalah diterapkannya program menghafal Al-Qur’an di sekolah Islam maupun di sekolah umum. Dari berbagai tingkatan pendidikan mulai TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai pada jenjang perkuliahan. Metode Read Aloud adalah teknik pembelajaran yang mengarahkan pada pemahaman materi dengan menggunakan kekuatan membaca dengan keras/nyaring. Hal ini diintegrasikan ke dalam hafalan Al-Qur’an untuk meningkatkan hafalan AlQur’an pada anak usia dini. RA Al-Ishlah merupakan salah satu lembaga yang fokus di bidang meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode reading aloud. Lembaga ini juga membiasakan dan menargetkan kegiatan hafalan sebelum pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari RA Al-Ishlah. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mewawancarai kepala sekolah, 2 orang guru dan 4 orang tua/wali murid. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi metode reading aloud dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak usia 4-5 tahun berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang positif. Anak-anak mengalami perkembangan yang signifikan dalam kemampuan menghafal Al-Qur'an. Hal ini diukur dan dikuatkan melalui indikator kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, yaitu: kelancaran, ketepatan tajwid dan makhrajnya. Dari kelancaran dan ketepatan tajwid, 6 dari 8 anak telah menunjukkan peningkatan dan penguasaan dalam kemampuan hafalannya. Hal ini ditinjau dari banyaknya hafalan pada surah yang sudah dihafal oleh anak yaitu 16 surah dan presentase penilaian yang baik. Sedangkan pada ketepatan makhrajnya, 50% anak masih memerlukan latihan lebih lanjut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectReading Alouden_US
dc.subjectHafalan Al-Qur’anen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlemplementasi Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Ishlah Ciruas Serangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11-20320066.pdf3.58 MBAdobe PDFView/Open
11-20320066_Publik.pdf1.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.