Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4119
Title: Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Madrasah Pembangunan UIN Jakarta
Authors: Ziana Tul Zakiah, 20312351
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Indonesia adalah bangsa yang majemuk, baik dari sisi budaya, etnis, bahasa dan agama. Untuk itu, diperlukan upaya untuk menjaga keharmonisan dalam bermasyakarat termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, upaya yang bisa dilaksanakan yakni penerapan pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural merupakan model pendidikan yang berbasis keberagaman. Pendidikan yang bisa mencegah terjadinya konflik, mengajak peserta didik untuk saling menghargai segala bentuk perbedaan dimasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis bagaimana penerapan pendidikan multikutural di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksaanaan pendidikan multikultural dalam upaya meningkatkan sikap toleransi siswa kelas V MI Pembangunan UIN Jakarta dilaksanakan pada kegiatan belajar dan festival budaya. Guru dan siswa berperan dalam proses pelaksaan pendidikan multikultural ini. Sedangkan sikap toleransi siswa MI Pembangunan UIN Jakarta yang dibentuk melalui pendidikan multikultural adalah saling menghargai perbedaan, bekerjasama, saling membantu ketika teman dalam kesusahan, menerima dengan senang hati perbedaan dan keinginan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4119
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
90-20312351_Publik.pdf
  Restricted Access
866.26 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
90-20312351.pdf
  Restricted Access
2.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.