Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4267
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAsep Saepudin Jahar-
dc.contributor.advisorMuhammad Azizan Fitriana-
dc.contributor.authorMuhaemin, 316440010-
dc.date.accessioned2025-10-28T03:51:02Z-
dc.date.available2025-10-28T03:51:02Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4267-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menemukan metode yang tepat dalam mengembangkan potensi an-nafs perspektif Al-Qur’an, merumuskan kontribusi peranan pendidikan dalam upaya pengembangan potensi an-nafs menurut Al-Qur’an, dan menemukan konsep baru dalam pengembangan potensi an-nafs dan implikasinya dalam pendidikan melalui pendekatan metode tafsir mauḍū’ī. Penelitian ini menolak teori multiple intelligences yang digagas Howard Gardner (1983) dalam bukunya “Frames of Mind:The Theory of Multiple Intelligences” bahwa manusia memiliki sekumpulan kecerdasan yang parsial meliputi: spasial-visual, linguistik, interpersonal, musikal, natural, kinestetik, intrapersonal, logis-matematis, dan eksistensial. Sedangkan Al-Qur’an menganalisis adanya kecerdasan yang terintegrasi secara holistik dengan potensi lain yaitu potensi spiritual (ad-dīniyyah), intelektual (al-‘aqliyah), potensi kalbu (al-qalbiyah), potensi nafsu (an-nafsiyah), dan potensi roh (ar-rūhaniyah). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif melalui riset perpustakaan (library risearch) dengan cara menganalisis sumber sumber data primer melalui kitab-kitab tafsir Al-Qur’an dan sumber data sekunder meliputi kitab penunjang tafsir, buku, dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menemukan tiga rumusan yaitu pertama, metode yang relevan dalam mengembangkan potensi an-nafs perspektif Al-Qur’an meliputi 4 metode yaitu: taswiyah an-nafs, tazkiyah an-nafs, iktisyāf al-qudrah, dan at-tawāṣul al-wālidī. Kedua, kontribusi pendidikan memainkan peran vital dan urgen dalam upaya pengembangan potensi an-nafs menurut Al-Qur’an; dan ketiga, konsep pengembangan potensi an-nafs memiliki implikasi dalam pendidikan untuk merancang dan menentukan konsep penunjang pendidikan yang meliputi visi, misi, tujuan, kurikulum, pendekatan pembelajaran, sarana prasarana pendidikan, manajemen pengelolaan pendidikan, dan evaluasi pendidikan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana IIQ Jakartaen_US
dc.subjectAn-Nafsen_US
dc.subjectTafsir Maudhu'ien_US
dc.subjectDiscovering Abilityen_US
dc.subjectParenting Communicationen_US
dc.titleKonsep Pengembangan Potensi An-Nafs dan Implikasinya dalam Pendidikan Perspektif Al-Qur’anen_US
dc.typeDisertasien_US
Appears in Collections:Disertasi S3 Ilmu Al Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
316440010_Muhaemin.pdf
  Restricted Access
316440010_Disertasi3.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
316440010_Muhaemin_BAB 1&6.pdf
  Restricted Access
316440010_Disertasi_BAB 1&61.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.