Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4302| Title: | Peran Hari Ekspresi Mahasantri (Hemas) Qiraat Club Dalam Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Ilmu Qiraat |
| Authors: | Berlinda Febiola, 21312368 |
| Advisor: | Khusna Farida |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman mahasiswa IIQ Jakarta terhadap mata kuliah Ilmu Qirā`āt dinilai minim sedangkan ilmu Qirā`āt merupakan salah satu mata kuliah kekhususan IIQ Jakarta dan dipelajari selama VI semester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Hemas Qirā`āt yang diadakan di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta apakah berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah pengurus Pesantren Takhasus IIQ Jakarta, Instruktur Hemas Qirā`āt, dan mahasiswi peserta Hemas Qirā`āt. Teknik pengumpulan data melalui Teknik observasi participatory dan non participatory,wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hemas Qirā`āt berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt melalui 6 indikator yang meningkatkan pembelajaran, yaitu: 1) Relevansi dengan tujuan pembelajaran, Hemas Qirā`āt relevan dengan tujuan pembelajaran karena Hemas Qirā`āt merupakan kegiatan pendukung pembelajaran Ilmu Qirā`āt. 2) Meningkatkan pemahaman materi, Hemas Qirā`āt membantu mahasiswa meningkatkan materi baik dari segi pemahaman teori, mampu menganalisis, menjama’ dan mempraktikkan kaidah-kaidah. 3) Mendorong partisipasi aktif, mahasiswa yang mengikuti Hemas Qirā`āt aktif dalam pembelajaran di perkuliahan. 4) Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, mahasiswa peserta Hemas Qirā`āt mampu menganalisis, menjama’ dan mempraktikkan kaidah-kaidah Qirā`āt dengan baik dan kreatif dalam berbagi pemahaman dengan teman-teman yang lain. 5) Memberikan umpan balik, peserta Hemas Qirā`āt mampu mengevaluasi dan mengukur sejauh mana pemahamannya terhadap ilmu Qirā`āt. 6) Metode pembelajaran yang bervariatif, di kelas Hemas Qirā`āt menggunakan metode pembelajaran yang sangat bervariatif sehingga memotivasi mahasiswa lebih semangat dalam pembelajaran ilmu Qirā`āt di perkuliahan. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4302 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 02-21312368.pdf Restricted Access | 7.72 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 02-21312368_Publik.pdf Restricted Access | 1.33 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.