Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4345| Title: | Penerapan Metode Tajwidi dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran Siswa Studi Kasus di Lembaga Darul Quran At-Tibyan |
| Authors: | Afifah Putri Ali, 21312353 |
| Advisor: | Khusna Farida |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan murid dalam membaca Al-Qur’an dan pemahaman yang kurang terhadap ilmu tajwid. Berdasarkan hasil observasi, masalah yang dihadapi murid dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah kurangnya pemahaman terhadap ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Tajwidi dalam pembelajaran AlQur’an di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas bacaan murid. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan, dengan subjek penelitian terdiri dari Kepala Lembaga, Guru Tahfiz dan Tahsin, serta 7 murid dari kelas 5 SD hingga kelas 1 SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tajwidi di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan dilakukan secara sistematis, dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah, makhraj huruf, dan sifat huruf, hingga hukum tajwid yang rinci pada tiap jilid buku metode Tajwidi. Proses pembelajaran melibatkan praktik langsung di depan guru, yang memungkinkan murid mendapatkan umpan balik secara langsung. Dari hasil tes membaca AlQur’an surah Al-Baqarah ayat 106-112, dengan tiga indikator penilaian yaitu tajwid, faṣᾱḥah, dan kelancaran ditemukan peningkatan kualitas bacaan AlQur’an yang sangat baik. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa meliputi metode pembelajaran yang efektif, lingkungan yang mendukung, dan pemahaman tajwid. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa penerapan metode Tajwidi secara efektif meningkatkan kualitas bacaan murid dalam membaca Al-Qur’an. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4345 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 47-21312353.pdf Restricted Access | 3.44 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 47-21312353_Publik.pdf Restricted Access | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.