Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/894
Title: Strategi Mahasiswi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Mahasiswi IIQ Jakarta fakultas Tarbiyah semester 6)
Authors: Feti Vera, 14311447
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Al-Qur’an merunkakan kitab sempurna yang menjadi pedomana bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu uapaya adalah dengan menghafalnya. Menghafal kalamaullah yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sangat sulit menjalaninya. Apalagi seorang mahasiswa merangkap sebagai penghafal Al- Qur’an. Maka dari itu Intitut Ilmu Al-Qur’an Jakarta melahirkan mahasiswimahasiswi yang berakhalak mulia, hafizhah, dan yang terpenting adalah dapat mengaplikasikan kedunia masyrakat. Namun pada kenyataanya beberapa mahasiswi masi merasa kesulitan dalam mengahafal Al-Qur’an. Rumusan masalah dari penelitian ini problem apa yang dihadapi mahasiswi semester 6 fakultas tarbiyah dalam mengahafal Al-Qur’an, bagaimana solusi dan strategi mengatasi problem dalam mengafal Al-Qur’an. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Problem tahfizh yang dihadapi mahsiswi semestre 6 fakultas tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta yaitu: a) Rendahnya motivasi dari mahasiswi sendiri, Solusi yang dilakukan mahasiswi semestr 6 fakultas Tarbiyah yaitu memotivasi diri sendiri, sering melakukan muraja’ah, serta bisa mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, Strategi mahasiswi dalam mengahafal Al-Qur’an yaitu langkah pertama yang dilakukan adalah Tahsin Al-Qur’an (membaguskan bacaan), menggunakan satu jenis mushaf dalam menghafal Al-Qur’an, tidak beralih pada ayat yang berikutnya sebelum menguasai ayat yang sebelumnya, membaca bin-nadzhri sebelum memulai hafalan, memberi tanda kepada ayat-ayat yang serupa agar mudah dalam mengigatnya, dan menyetorkan hafalan kepada instruktrur tiga kalai dalam seminggu, tujuanya membantu menyelasaikan program yang diambil mahasiswi semester 6 fakulatas tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/894
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311447.pdf
  Restricted Access
2.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.