Abstract:
Saat ini, kegiatan dakwah sudah amat berkembang hingga dilakukan
dengan memanfaatkan media sosial seperti youtube. Pelaku dakwah yang
memanfaatkan youtube sebagai media dakwah salah satunya adalah Adi
Hidayat. Dia membuat akun youtube bernama Akhyar Tv dengan tim khusus
yang mengelola akun tersebut.
Qaulan balîghâ (QS. [4]:63) memiliki arti perkataan yang fasih,
sampai, dan menyentuh hati. Perkataan yang sampai juga diartikan dengan
perkataan yang efektif. Kata qaulan balîghâ menurut Ali Ash-Shabuni
dimaknai dengan perkataan yang berbekas, adapun menurut Al-Maraghi
bermakna perkataan yang menyentuh hati dan mengandung hikmah,
sedangkan menurut Hamka ialah perkataan yang fasih dan mudah dimengerti.
Adapun perkataan yang efektif dapat ditinjau dengan lima tanda yaitu
respect, emphaty, audible, clarity, dan humble atau disingkat menjadi
REACH. Maka pengertian menurut ahli tafsir dan kelima tanda tersebut
menjadi ukuran penerapan prinsip qaulan balîghâ Ustadz Adi Hidayat dalam
dakwahnya di Akhyar Tv.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
analisis deskriptif. Karena inti tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui,
menggambarkan, dan memberikan penjelasan tentang penerapan prinsip
qaulan balîghâ dalam dakwah Ustadz Adi Hidayat di akun youtube Akhyar
Tv.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Ustadz Adi Hidayat
telah menerapkan prinsip qaulan balîghâ berdasarkan terpenuhinya empat
tanda sesuai dengan pengertian menurut para ahli tafsir yaitu perkataan yang
berbekas dan menyentuh hati, mengandung hikmah, fasih, serta mudah
dimengerti. Dari segi efektifitasnya, dakwah Ustadz Adi Hidayat telah
memenuhi lima tanda komunikasi efektif yaitu respect, emphaty, audible,
clarity, dan humble