DSpace Repository

Prinsip Komunikasi Qaulan Balîghâ: Dakwah Dalam Youtube Ustadz Adi Hidayat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Isman Iskandar
dc.contributor.author Shofwa Nadia, 152220013
dc.date.accessioned 2020-08-25T03:59:46Z
dc.date.available 2020-08-25T03:59:46Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1032
dc.description.abstract Saat ini, kegiatan dakwah sudah amat berkembang hingga dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti youtube. Pelaku dakwah yang memanfaatkan youtube sebagai media dakwah salah satunya adalah Adi Hidayat. Dia membuat akun youtube bernama Akhyar Tv dengan tim khusus yang mengelola akun tersebut. Qaulan balîghâ (QS. [4]:63) memiliki arti perkataan yang fasih, sampai, dan menyentuh hati. Perkataan yang sampai juga diartikan dengan perkataan yang efektif. Kata qaulan balîghâ menurut Ali Ash-Shabuni dimaknai dengan perkataan yang berbekas, adapun menurut Al-Maraghi bermakna perkataan yang menyentuh hati dan mengandung hikmah, sedangkan menurut Hamka ialah perkataan yang fasih dan mudah dimengerti. Adapun perkataan yang efektif dapat ditinjau dengan lima tanda yaitu respect, emphaty, audible, clarity, dan humble atau disingkat menjadi REACH. Maka pengertian menurut ahli tafsir dan kelima tanda tersebut menjadi ukuran penerapan prinsip qaulan balîghâ Ustadz Adi Hidayat dalam dakwahnya di Akhyar Tv. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Karena inti tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui, menggambarkan, dan memberikan penjelasan tentang penerapan prinsip qaulan balîghâ dalam dakwah Ustadz Adi Hidayat di akun youtube Akhyar Tv. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Ustadz Adi Hidayat telah menerapkan prinsip qaulan balîghâ berdasarkan terpenuhinya empat tanda sesuai dengan pengertian menurut para ahli tafsir yaitu perkataan yang berbekas dan menyentuh hati, mengandung hikmah, fasih, serta mudah dimengerti. Dari segi efektifitasnya, dakwah Ustadz Adi Hidayat telah memenuhi lima tanda komunikasi efektif yaitu respect, emphaty, audible, clarity, dan humble en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Prinsip Komunikasi en_US
dc.subject Qaulan Balîghâ en_US
dc.subject Dakwah Dalam Youtube en_US
dc.subject Ustadz Adi Hidayat en_US
dc.title Prinsip Komunikasi Qaulan Balîghâ: Dakwah Dalam Youtube Ustadz Adi Hidayat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account