DSpace Repository

Pola Komunikasi Guru Mengaji Dalam Pembinaan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Yayasan Sahabat Qur’an Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Al-Mukaromah
dc.contributor.author Nadia Hikmaturramadan, 17220057
dc.date.accessioned 2021-11-02T04:48:15Z
dc.date.available 2021-11-02T04:48:15Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1517
dc.description.abstract Pola komunikasi adalah pesan yang diinformasikan melalui pengiriman dan penerimaan yang berasal dari dua orang atau lebih sebagai pola hubungan komunikasi yang menekankan pada “umpan balik pesan” dan lebih mengarah kepada “fungsi dan peran” yang saling bertukar kedudukan antara komunikator (mubaligh) dan komunikan (mad’u). Permasalahan yang dipusatkan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang diterapkan oleh guru mengaji dengan anak usia dini dalam meningkatkan kualitas bacaan Qur’an di Yayasan Sahabat Qur’an. Persamaan dan perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objeknya, seperti contoh pada skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Antara Pembina dan Santri Dalam Program Menghafal Al- Qur’an Di Yayasan Pondok Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia Bogor”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian kualitatif dengan teknik sumber data primer diperoleh dari pendiri yayasan, staff administrasi, guru mengaji, dan 4 pengajar Sahabat Qur’an, sedangkan data sekunder berasal dari buku dan literature lainnya sebagai pelengkap data primer. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan dalam membaca Al-Qur’an pada anak usia dini (yayasan Sahabat Qur’an) dinilai efektif karena keberhasilannya dalam mencapai target yang telah ditentukan. Efektifitas pembinaan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini dipengaruhi oleh guru mengajinya dalam menerapkan metode pembinaan membaca al- Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pola en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Pembinaan en_US
dc.subject membaca en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title Pola Komunikasi Guru Mengaji Dalam Pembinaan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Yayasan Sahabat Qur’an Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account