DSpace Repository

Implementasi Komunikasi Interpersonal Melalui Metode STIFIn Di SD Nurul Amin Islamic School Serang Baru Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhamad Hizbullah
dc.contributor.author Qonita Diah Hidayati, 18220100
dc.date.accessioned 2022-09-07T06:57:36Z
dc.date.available 2022-09-07T06:57:36Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1821
dc.description.abstract Komunikasi adalah aspek terpenting dalam kehidupan manusia, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi atau kelebihan dan kekuatan yang sangat unik. Peran guru bagi siswa merupakan hal terpenting dalam proses komunikasi di kelas. Tak hanya sekedar mengajarkan, namun perlu mengetahui bagaimana cara komunikasi yang baik dengan menyesuaikan kecerdasan dan karakter yang dimiliki oleh siswa. Sehingga untuk mengetahui hal tersebut, diterapkan dengan menggunakan metode kecerdasan STIFIn. Yaitu sebuah metode yang menjelaskan tipe kecerdasan dan kepribadian seseorang berdasarkan belahan otak dominan. Berdasarkan latar belakang yang ada, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi komunikasi interpersonal melalui metode STIFIn dan kendala serta solusi dalam mengatasi masalah yang dihadapi terhadap komunikasi interpersonal melalui metode STIFIn di SD Nurul Amin Islamic School Serang Baru Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yaitu deskriptif, dengan tahapan yaitu penulis melakukan observasi, permohonan izin untuk meneliti, pengambilan data dari sekolah dan melakukan wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa 1) Metode STIFIn dapat menjadi alat bantu dalam meningkatkan komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa dikelas empat dan lima SD Nurul Amin Islamic School Serang Baru Bekasi. 2) STIFIn merupakan uraian dari lima mesin kecerdasan diantaranya: sensing (inderawi), thinking (pola pikir), intuiting (kreatifitas), feeling (perasaan), dan insting (naluri). 3) Kendala yang terjadi pada proses penerapan di antaranya kurangnya guru dalam pengembangan strategi atau pendekatan komunikasi berbasis STIFIn, lingkungan keluarga yang kurang mendukung sesuai potensi kecerdasan siswa, dan terbatasnya ruang pengembangan terhadap minat dan bakat. 4) Solusi yang dapat diterapkan berupa sosialisasi secara menyeluruh bagi orang tua, guru dan siswa. Kemudian dengan mewajibkan seluruh orang tua staf guru, dan siswa untuk mengikuti tes STIFIn. Terakhir, memberikan tambahan wadah untuk kreatifitas dengan kompetisi yang diadakan di dalam dan di luar lingkup sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Metode STIFIn en_US
dc.title Implementasi Komunikasi Interpersonal Melalui Metode STIFIn Di SD Nurul Amin Islamic School Serang Baru Bekasi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account