DSpace Repository

موقف عمر بن الخطاب وبروز جانبه العاطفي في آيات القرآن الكريم )دراسة نفسية قرآنية(

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad Ulinnuha
dc.contributor.author سارة فاتوني علي أصلح, 18211078
dc.date.accessioned 2022-10-11T06:01:02Z
dc.date.available 2022-10-11T06:01:02Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1981
dc.description.abstract Penelitian ini berfokus untuk mengungkap bagaimana keunikan kepribadian Umar Ibn Al-Khattab radhiyallahu 'anhu, dalam hal kecerdasan emosionalnya dalam memahami Al-Qur'an, menerapkannya dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. membangun peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepribadian emosional pendamping Umar Ibn Al-Khattab, dengan menggunakan pendekatan teori psikologi. Penelitian-penelitian sebelumnya berfokus pada penanganan kecerdasan emosional dalam Alquran dan Sunnah Nabi pada umumnya. menghubungkannya dengan teori-teori emosional. Ini adalah: Teori Emosi Moral dan Teori Cannon-Bard. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan, yang mengambil tafsir Ibnu Ashour, tafsir Syaarawy, kitab Asbab al-Nuzul karya al-Wahidi, dan biografi para khalifah al-Suyuti dari sumber primer. Mekanisme pencapaian metode penelitian untuk penelitian ini adalah melalui metode dokumentasi sejarah, dengan mengumpulkan buku-buku tafsir kontemporer yang terkait dengan penelitian, dan dengan mengacu pada buku-buku biografi yang mengulas kepribadian Umar, dengan beberapa buku psikologi Barat dan Islam. Penelitian ini menggunakan Teori Sentimen Moral Adam Smith dan Teori Cannon-Bard. Berdasarkan hasil penelitian ini, kajian ini membahas dua teori: Pertama, tiga posisi yang berkaitan dengan teori emosi moral, yaitu: persetujuannya di maqam Ibrahim, ayat-ayat Surat Al-Waqi'ah, dan para tahanan penjara. Badar. Dan empat situasi yang dikaitkan dengan teori Cannon-Bard, yaitu: keterpaparan Umar kepada Rasulullah, ayat-ayat Surat Taha, ayat kerudung, dan kesukaannya terhadap ayat Surat Al-Muminun. Kedua, banyaknya emosi bagi Umar, seperti sedih, marah, menangis, heran, heran, dan kasihan, membawanya menuju Islam dan menjadi dasar kurikulum pendidikan Islam. Ketiga, pemahaman Omari tentang Al-Qur’an adalah dengan membaca dunia di sekitarnya melalui Al-Qur’an dengan merenungkannya dan menerapkan apa yang menyertainya en_US
dc.language.iso ar en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Omar Ibn Al-Khattab en_US
dc.subject Teori Emosi Moral en_US
dc.subject Adam Smith en_US
dc.subject Canon-Bard en_US
dc.title موقف عمر بن الخطاب وبروز جانبه العاطفي في آيات القرآن الكريم )دراسة نفسية قرآنية( en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account