Abstract:
Skripsi ini menjelaskan mengenai kampanye politik yang dilakukan
oleh Anies Baswedan saat pemilu pilpres 2024. Kampanye merupakan proses
para komunikator politik selaku bakal calon yang akan dipilih melakukan
komunikasi politik terhadap masyarakat dengan menyampaikan gagasan dan
ide-ide menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai mengenai strategi
kampanye yang dilakukan Anies Baswedan selama ajang kampanye pada
rentang waktu November 2023- Januari 2024.
Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah
penelitian ini membahas mengenai strategi kampanye Anies Baswedan yang
dilakukan selama kampanye Pemilu Pilpres di media sosial Instagram, X, dan
Tiktok. Dimana belum pernah dibahas pada penelitian sebelumnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
paradigma konstruktivis. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini
ialah menggunakan teori Nowak dan Warneyrd untuk menganalisis mengenai
elemen yang harus diperhatikan dalam proses kampanye. Kemudian
diuraikan berdasarkan data yang telah diperoleh melalui media sosial pribadi
Anies Baswedan selama rentang waktu penelitian.
Hasil akhir dari penelitian ini ialah kampanye yang dilakukan Anies
Baswedan bersama tim telah sesuai dengan teori kampanye Nowak dan
Warneyrd. Pemanfaatan media sosial sebagai saluran kampanye yang
dilakukan Anies Baswedan sebuah langkah tepat dalam penyebaran informasi
dengan jangkauan yang sangat luas. Anies Baswedan sebagai kandidat calon
presiden juga mampu melakukan komunikasi dengan berbagai elemen
komunikan seperti organisasi kemasyarakatan, kelompok sosial, dan elit
partai politik.