DSpace Repository

Komunikasi Politik di Media Sosial (Analisis Strategi Kampanye Anies Baswedan di Pemilu Pilpres 2024)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Al-Mukarromah
dc.contributor.author Dina Kamaliya, 20220178
dc.date.accessioned 2024-10-31T04:34:51Z
dc.date.available 2024-10-31T04:34:51Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3967
dc.description.abstract Skripsi ini menjelaskan mengenai kampanye politik yang dilakukan oleh Anies Baswedan saat pemilu pilpres 2024. Kampanye merupakan proses para komunikator politik selaku bakal calon yang akan dipilih melakukan komunikasi politik terhadap masyarakat dengan menyampaikan gagasan dan ide-ide menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai mengenai strategi kampanye yang dilakukan Anies Baswedan selama ajang kampanye pada rentang waktu November 2023- Januari 2024. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah penelitian ini membahas mengenai strategi kampanye Anies Baswedan yang dilakukan selama kampanye Pemilu Pilpres di media sosial Instagram, X, dan Tiktok. Dimana belum pernah dibahas pada penelitian sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan teori Nowak dan Warneyrd untuk menganalisis mengenai elemen yang harus diperhatikan dalam proses kampanye. Kemudian diuraikan berdasarkan data yang telah diperoleh melalui media sosial pribadi Anies Baswedan selama rentang waktu penelitian. Hasil akhir dari penelitian ini ialah kampanye yang dilakukan Anies Baswedan bersama tim telah sesuai dengan teori kampanye Nowak dan Warneyrd. Pemanfaatan media sosial sebagai saluran kampanye yang dilakukan Anies Baswedan sebuah langkah tepat dalam penyebaran informasi dengan jangkauan yang sangat luas. Anies Baswedan sebagai kandidat calon presiden juga mampu melakukan komunikasi dengan berbagai elemen komunikan seperti organisasi kemasyarakatan, kelompok sosial, dan elit partai politik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject komunikasi politik en_US
dc.subject media sosial en_US
dc.subject kampanye en_US
dc.subject Anies Baswedan en_US
dc.title Komunikasi Politik di Media Sosial (Analisis Strategi Kampanye Anies Baswedan di Pemilu Pilpres 2024) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account