Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan media sosial, khususnya
Instagram, telah membuka peluang baru untuk menyebarkan pesan dakwah.
Pentingnya menciptakan suasana positif di media sosial dengan konten yang
bermanfaat menjadi semakin relevan. Akun Instagram @quranreview
merespon isu-isu populer tentang Muslimah dengan mengemasnya menjadi
pesan dakwah yang edukatif. Pembahasan ini penting untuk dikaji guna
meningkatkan pemahaman perihal perempuan berlandaskan Al-Qur‟an.
Penelitian ini menganalisis postingan akun Instagram @quranreview
yang memuat konten tentang isu muslimah populer di media sosial
menggunakan analisis isi dan diklasifikasikan berdasarkan teknik komunikasi
persuasif menurut Onong Uchjana Effendy dalam buku Dinamika
Komunikasi pada postingan yang sama. Teknik komunikasi persuasif yang
dimaksud yaitu Teknik Asosiasi, Teknik Integrasi, Teknik Ganjaran, Teknik
Tataan dan Teknik Red-Herring. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif
dan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan analisis penelitian tersebut, maka didapat beberapa
kesimpulan bahwa akun Instagram @quranreview menggunakan kelima
teknik komunikasi persuasif melalui postingannya. Pada tiap-tiap postingan
terdapat lebih dari satu penggunaan teknik komunikasi persuasif. Adapun
teknik komunikasi persuasif yang paling banyak digunakan pada 5 postingan
tersebut yakni teknik asosiasi dan teknik tataan. Dari kelima teknik
komunikasi tersebut, akun Instagram @quranreview lebih banyak
menggunakan teknik asosiasi dan teknik tataan dalam memersuasi
audiensnya. Artinya akun @quranreview lebih banyak menggunakan trend
atau suatu persitiwa yang populer sebagai pembahasan dan penataan pesan
yang baik sehingga dapat relevan dan enak dibaca oleh audiens.