DSpace Repository

Teknik Komunikasi Persuasif dalam Pengemasan Konten Isu-isu Populer Muslimah di Media Sosial (Analisis Isi Akun Instagram @Quranreview

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhamad Hizbullah
dc.contributor.author Shafira Ramadhani, 20220210
dc.date.accessioned 2024-10-31T05:12:57Z
dc.date.available 2024-10-31T05:12:57Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3976
dc.description.abstract Perkembangan teknologi informasi dan media sosial, khususnya Instagram, telah membuka peluang baru untuk menyebarkan pesan dakwah. Pentingnya menciptakan suasana positif di media sosial dengan konten yang bermanfaat menjadi semakin relevan. Akun Instagram @quranreview merespon isu-isu populer tentang Muslimah dengan mengemasnya menjadi pesan dakwah yang edukatif. Pembahasan ini penting untuk dikaji guna meningkatkan pemahaman perihal perempuan berlandaskan Al-Qur‟an. Penelitian ini menganalisis postingan akun Instagram @quranreview yang memuat konten tentang isu muslimah populer di media sosial menggunakan analisis isi dan diklasifikasikan berdasarkan teknik komunikasi persuasif menurut Onong Uchjana Effendy dalam buku Dinamika Komunikasi pada postingan yang sama. Teknik komunikasi persuasif yang dimaksud yaitu Teknik Asosiasi, Teknik Integrasi, Teknik Ganjaran, Teknik Tataan dan Teknik Red-Herring. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, maka didapat beberapa kesimpulan bahwa akun Instagram @quranreview menggunakan kelima teknik komunikasi persuasif melalui postingannya. Pada tiap-tiap postingan terdapat lebih dari satu penggunaan teknik komunikasi persuasif. Adapun teknik komunikasi persuasif yang paling banyak digunakan pada 5 postingan tersebut yakni teknik asosiasi dan teknik tataan. Dari kelima teknik komunikasi tersebut, akun Instagram @quranreview lebih banyak menggunakan teknik asosiasi dan teknik tataan dalam memersuasi audiensnya. Artinya akun @quranreview lebih banyak menggunakan trend atau suatu persitiwa yang populer sebagai pembahasan dan penataan pesan yang baik sehingga dapat relevan dan enak dibaca oleh audiens. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Teknik Komunikasi Persuasif en_US
dc.subject Akun Instagram @Quranreview en_US
dc.subject Isu Populer Muslimah en_US
dc.title Teknik Komunikasi Persuasif dalam Pengemasan Konten Isu-isu Populer Muslimah di Media Sosial (Analisis Isi Akun Instagram @Quranreview en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account